Bunga Kehidupan (Flower Of Life)

The Flower of Life atau Bunga Kehidupan adalah simbol religius dan spiritual yang menunjukkan bukti di seluruh dunia. Beberapa orang percaya simbol ini memiliki arti ‘geometri suci/sacred geometry’ yang mewakili bentuk dasar dari ruang dan waktu. Kedengarannya seperti sesuatu yang misterius, bunga kehidupan adalah sebuah konsep dasar yang menjelaskan pola penciptaan dunia ini, dunia yang ‘ada dari ketiadaan’. Untuk menggambarkan strukturnya, simbol ini seperti bentuk geometris yang terdiri dari lingkaran saling tumpang tindih, memberikan tampilan seperti bunga.

Bunga mencerminkan arti kesempurnaan dan harmoni. Bentuk yang sempurna, proporsi, dan harmoni bunga kehidupan telah diketahui oleh para filsuf, arsitek dan seniman di seluruh dunia. Orang-orang pagan menganggap itu sebagai geometri suci (sacred geometry) yang mengandung nilai agama kuno yang menggambarkan bentuk dasar ruang dan waktu.

Bunga kehidupan adalah Sebuah lingkaran yang tumpang tindih jaringan adalah pola geometris mengulangi , tumpang tindih lingkaran dari sederajat radius di ruang dua dimensi . Umumnya, desain didasarkan pada lingkaran yang berpusat pada segitiga (dengan bentuk sederhana, dua lingkaran bernama vesica piscis ) atau pada pola titik-titik kisi persegi.

Bagian berikut membahas beberapa bentuk yang lebih simbolis berasal dari bentuk aslinya.

Benih Kehidupan (Seed of Life)

benih kehidupan“Seed of Life” atau “Benih Kehidupan” terbentuk dari tujuh lingkaran yang ditempatkan dengan enam simetri lipat, membentuk pola lingkaran dan lensa, yang bertindak sebagai komponen dasar dari bunga rancangan kehidupan. Menurut beberapa orang, “Seed of Life” menggambarkan 7 hari penciptaan di mana Tuhan menciptakan kehidupan (dalam agama Nasrani).

Pohon Kehidupan (Tree of Life)

Pohon KehidupanPohon kehidupan ini umumnya terkait dengan Kabbalah, atau disiplin esoteris dan aliran pemikiran dalam agama Yahudi. Dalam tradisi Kabbalah, digunakan untuk memahami sifat Allah. Simbol pohon kehidupan mengacu pada gagasan keturunan umum. Ini, menjadi tema universal dalam semua teologi, ditemukan diadopsi oleh beberapa orang Kristen, Yahudi, Hermetisme, dan kaum Pagan. Hal ini juga diyakini bahwa ‘pohon kehidupan’ dari Kabbalah mirip dengan ‘pohon kehidupan’ seperti yang dicantumkan dalam Kejadian 2: 9.

Buah Kehidupan (Fruit of Life)

Buah Kehidupan Terdiri dari tiga belas lingkaran, kita dapat menemukan pola ini jika kita melihat desain ‘bunga kehidupan’ secara cermat. Struktur ini dianggap sebagai ‘cetak biru’ dari alam semesta. Tiga belas bola dianggap sebagai pola suci (fractal) alam semesta. Ini adalah asal dari segala sesuatu yang ada, dan termasuk dasar setiap desain lainnya : atom, struktur molekul, dan bentuk kehidupan lain. Juga, menggabungkan tiga belas sistem dengan makna masing-masing. Arti penting dari buah kehidupan tersembunyi di titik pusat semua elemen yang terlihat pada gambar ini. Pusat-pusat ini meletakkan dasar bagi struktur kubus Metatron.

Sumber :

https://bramardianto.com/makna-flower-of-life-atau-bunga-kehidupan.html

https://translate.google.com/translate?u=https://en.wikipedia.org/wiki/Flower_of_Life&hl=id&sl=en&tl=id&client=srp&prev=search