Sama seperti Rose Quartz, Amethyst juga menjadi salah satu kristal yang belakangan ini sangat populer. Warnanya yang memiliki gradasi ungu begitu menarik perhatian. Tak hanya secara tampilan, kristal ini juga dipercaya memiliki fungsi penyembuhan, melindungi, dan membersihkan jiwa serta pikiran dari hal-hal negatif.
Amethyst juga diyakini mampu menonjolkan sisi kemanusiaan, kepekaan, dan kebijaksanaan dalam diri seseorang. Untuk tubuh, kristal ini kabarnya bisa memperbaiki kualitas tidur hingga membantu mengatasi insomnia berat. Selain itu, Amethyst juga baik untuk produksi hormon, membersihkan darah dari racun, dan meredakan kelelahan serta stres.

Amethyst atau kecubung Batu ungu ini dikatakan memiliki energi melindungi, menyembuhkan, dan memurnikan. Batu kecubung membantu menghilangkan pikiran negatif dan membawa kerendahan hati, ketulusan, dan kebijaksanaan spiritual. Ia juga berguna untuk menenangkan hati. Dalam budaya di Nusantara, amethyst sering disebut sebagai kecubung kasihan, yang membuat pemakainya dikasihi orang. Sementara dari pandangan pengobatan alternatif, kecubung disebut membantu agar bisa tidur nyenyak. Secara fisik, batu ini digunakan untuk meningkatkan produksi hormon, membersihkan darah, serta menghilangkan rasa sakit dan stres.

Batu amethyst yang cantik ini telah dihargai sejak zaman Yunani kuno. Karena warnanya yang seperti anggur, orang-orang Yunani sering menghubungkan permata ini dengan dewa anggur, Bacchus. Mereka percaya bahwa mengenakan batu amethyst dapat melindungi mereka dari mabuk — bahkan kata amethystos berarti “tidak mabuk” dalam bahasa Yunani kuno.
Menurut kepercayaan tentang batu permata, perhiasan batu amethyst membuat pemakainya berpikir lebih jernih. Leonardo da Vinci menulis bahwa batu amethyst meningkatkan kecerdasan dan melindungi dari pikiran jahat.
Karena keindahannya yang langka dan biaya yang diperlukan untuk membuat warna ungu untuk kain, warna ini telah lama dianggap sebagai warna agung, sehingga batu amethyst sering muncul dalam perhiasan kerajaan dan agama.
Ciri-ciri batu amethyst asli. Sebenarnya, membeli batu amethyst palsu bukanlah sebuah kerugian yang besar. Tapi tidak ada salahnya untuk mengantisipasinya dengan mengetahui perbedaan batu asli dan palsu.

  1. Kamu bisa memeriksa apakah permata di tanganmu adalah sepotong kaca atau batu asli. Kaca mudah tergores, sedangkan batu kecubung asli lebih keras dan tidak mudah tergores.
  2. Batu amethyst palsu dapat dikenali dengan kejernihan dan harganya. Batu kecubung asli berwarna lebih pekat dan tak bernoda. Selain itu, harga batu amethyst asli adalah di bawah Rp100.000,- per karatnya. Jika penjual menawarkan harga yang sangat murah, kamu boleh curiga kalau batu itu palsu.
  3. Batu amethyst palsu tidak akan memiliki skema warna atau gradasi. Warnanya akan benar-benar ungu sepenuhnya, tanpa warna lain. Batu yang asli akan menjadi kombinasi warna ungu-putih atau ungu-biru.

Sumber :

  • https://kumparan.com/kumparanwoman/12-jenis-kristal-and-manfaatnya-bikin-cepat-move-on-hingga-tingkatkan-gairah-seks-1uLq9N2dC8S/full
  • https://lifestyle.kompas.com/read/2020/06/26/171958920/selain-indah-beberapa-jenis-batu-diyakini-memiliki-efek-menyembuhkan?page=all#:~:text=Clear%20quartz%20atau%20kuarsa%20bening&text=Kristal%20bening%20juga%20disebut%20bisa,rose%20quartz%20untuk%20meningkatkan%20efeknya.
  • https://www.orori.com/ororeads/batu-amethyst-kenali-lebih-dekat-di-sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *