~Shri Yantra~ Yantra berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya “alat” atau “mesin”. Yantra bisa berupa simbol, proses, atau mesin yang memiliki struktur dan organisasi, tergantung konteksnya, namun penggunaan paling umum berupa simbol atau gambar geometris. Secara Tradisional Yantra dipergunakan untuk menyeimbangkan atau memusatkan pikiran dalam konsep spiritual. Shri Yantra merupakan Yantra yang dibentuk oleh sembilan segitiga berpautan yang saling mengelilingi dan keluar dari titik pusat. Dari sembilan, empat segitiga tegak melambangkan sisi maskulin atau dewa Siwa, sedangkan lima segitiga terbalik melambangkan feminin atau Shakti. Secara keseluruhan, Sri Yantra melambangkan ikatan dan penyatuan sifat ilahiah maskulin dan feminin. Juga melambangkan penyatuan dan ikatan segala sesuatu dalam kosmos.

Sri Yantra adalah sebuah konfigurasi dari sembilan segitiga yang saling bersambungan, dikelilingi oleh dua lingkaran dari kelopak bunga teratai yang keseluruhannya terbungkus dalam bingkai yang disebut “benteng bumi”.

Bahkan sifat dari simbol ini merupakan penyatuan yang seimbang dari spiritualitas dan ilmu pengetahuan – tempat di mana Anda akan menemukan potensi tertinggi Anda, apapun profesi dan status Anda, baik itu sebagai seorang profesional, kekasih, seorang pemecah masalah, visioner, pencipta, dan Anda sebagai manusia pada umumnya.

Sri Yantra adalah simbol kuno yang dimaksudkan untuk menyembuhkan pikiran dan hati kita. Dengan kata lain, simbol ini memegang peranan penting bagi pikiran-tubuh-jiwa yang direncanakan untuk mewujudkan kehidupan terhebat Anda selanjutnya.

CARA MEDITASI SRI YANTRA

Ketika Anda melihat Sri Yantra, ijinkan mata Anda untuk fokus pada pusatnya. Titik di tengah ini disebut Bindu, yang mewakili kesatuan yang mendasari semua keragaman dunia fisik.

Sekarang ijinkan mata Anda untuk melihat segitiga yang membungkus bindu tersebut. Segitiga yang menunjuk kebawah merupakan daya kreatif feminin, sedangkan segitiga yang menghadap keatas mewakili energi maskulin.

Biarkan visi Anda meluas untuk sampai ke lingkaran diluar segitiga. Mereka mewakili siklus irama kosmik. Gambar lingkaran mewujudkan gagasan bahwa waktu tidak memiliki awal dan akhir. Wilayah terjauh dari ruang dan inti terdalam dari sebuah atom dimana keduanya berdenyut dengan energi berirama yang sama dengan ciptaan. Irama tersebut di dalam dan di luar Anda.

Bawa kesadaran Anda kepada kelopak bunga teratai di luar lingkaran. Perhatikan bahwa mereka menunjuk ke arah luar, seakan membuka. Mereka menggambarkan terungkapnya pemahaman kita. Teratai juga mewakili jantung (hati spiritual), kursi Sang Diri. Ketika jantung (hati spiritual) terbuka, pemahaman datang.

sumber :

https://www.komangputra.com/yantra-prinsip-manfaat-dan-penggunaan-kekuatannya.html
https://fjb.kaskus.co.id/product/596f0eb62e04c805368b4568/sri-yantra-protection—sebuah-kekuatan-super
https://www.kompasiana.com/diah_marliati_a_soeradiredja/5500a352a3331159735116ae/a-z-menyingkap-makna-simbol-kuno

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *