Logo orgonite orgonitepedia Metatron Flower of Life

Seperti yang kita ketahui, bahwa setiap keyakinan / agama atau hal-hal lain yang ada dalam kehidupan kita tidak bisa lepas dari yang namanya simbol.
Simbol sudah dikenal sejak awal peradaban manusia. Yang mana dalam suatu keyakinan, simbol digunakan sebagai media pengenalan entitas tertinggi, juga sebagai media untuk mencapai pemahaman tentang identitas, sejarah atau asal-usul dari kehidupan atau keyakinan itu sendiri.
Tentu kita sudah mengetahui bahwa setiap agama bersumber dari prinsip-prinsip yang sama, karena pada dasarnya memang menggambarkan entitas yang sama pula.  Salah satu kesamaan yang diyakini semua agama sejak lampau ialah apa yang dikenal sebagai konsep “Bunga Kehidupan” atau The Flower of Life.
Apa itu The Flower of Life? Dan apa makna dibalik simbol tersebut? Untuk mengetahuinya, silakan Anda simak penjelasannya melalui artikel berikut.
Apa itu The Flower of Life?

Ini adalah salah satu simbol tertua di dunia, dimana ia menjadi salah satu simbol paling penting dalam berbagai kepercayaan di dunia ini. Simbol ini dianggap penting karena mengandung konsep-konsep penciptaan semesta. 
The Flower of Life / bunga kehidupan adalah pola geometris yang terdiri dari beberapa lingkaran merata yang saling tumpang tindih. Tertata dalam bentuk bunga seperti pola enam simetri lipat sehingga menghasilkan bentuk seperti segi enam. Bentuk, proporsi, dan keharmonisan yang sempurna dalam bunga kehidupan telah dipahami oleh para filsuf,  arsitek, dan seniman di seluruh dunia.
Kaum Pagan menganggapnya sebagai geometri suci (sacred geometry) yang mengandung nilai religius kuno yang menggambarkan bentuk-bentuk dasar dari ruang dan waktu. Dalam kepercayaan paganisme, flower of life diyakini pula mengandung jenis catatan Akashic (Akashic Record), yakni catatan yang berisi pengetahuan tentang alam semesta beserta isinya, dan informasi dasar mengenai semua makhluk hidup, juga ekspresi visual dari koneksi kehidupan yang berjalan melalui semua makhluk hidup.
The flower of life telah memberikan apa yang dianggap sebagai makna spiritual dan bentuk pencerahan yang mendalam bagi siapapun yang mempelajarinya.
Simbol bunga kehidupan sejak dahulu telah dianggap sebagai sesuatu yang penting bagi banyak orang maupun peradaban sepanjang sejarah dunia. Hal ini dapat kita lihat pada manuskrip, kuil, atau beragam seni dalam budaya-budaya di seluruh dunia.
Bentuk paling umum dari simbol the flower of life adalah pola heksagonal (dimana pusat tiap lingkaran dikelilingi enam lingkaran di sekitarnya dengan diameter yang sama), terdiri atas 19 lingkaran utuh dan 36 busur lingkaran parsial yang tertutup oleh lingkaran besar.
Komponen bunga kehidupan telah lama menjadi bagian dari karya para Alchemist. Kubus Metatron (Metatron’s Cube) adalah bagian dari FoL yang digunakan sebagai lingkaran penahanan atau lingkaran penciptaan. Leonardo da Vinci telah mempelajari bentuk dan sifat matematis dari simbol flower of life. Da Vinci sangat tertarik dengan flower of life beserta komponennya seperti Benih Kehidupan / Seed of Life. Dia menggambar figur geometris yang mewakili bentuk seperti padatan platonik, bola, torus, dll, dan juga menggunakan rasio emas (golden ratio) dalam setiap karya seninya, yang mana bersumber dari desain the flower of life.

Sk
Spiral Fibonacci

SEED OF LIFE (BENIH KEHIDUPAN)

The Seed of Life terbentuk dari 7 lingkaran yang ditempatkan dengan 6 simetri lipat, yang membentuk pola lingkaran dan lensa, yang bertindak sebagai komponen dasar dari desain Flower of Life. Menurut keyakinan beberapa orang, ini menggambarkan 7 hari penciptaan dimana Tuhan menciptakan semesta. 

EGG OF LIFE (TELUR KEHIDUPAN)

Telur kehidupan juga merupakan simbol yang terdiri dari 7 lingkaran yang juga diambil dari desain Bunga Kehidupan. Bentuk dari Telur Kehidupan ini dikatakan sebagai bentuk embrio multi-seluler pada masa-masa awal penciptaan.
FRUIT OF LIFE (BUAH KEHIDUPAN)

Simbol ini terdiri dari 13 lingkaran, yang mana juga bersumber dari desain ‘Bunga Kehidupan’. Struktur ini dianggap sebagai ‘cetak biru’ dari alam semesta. Tiga belas bola dianggap sebagai pola suci (fractal) alam semesta. Ini adalah sumber dari segala sesuatu yang ada. Dan juga menjadi dasar bagi desain lainnya seperti atom; struktur molekul, bentuk kehidupan, dan segala sesuatu yang ada. Ini juga merupakan dasar untuk penggambaran kubus Metatron yang menghasilkan padatan platonik.

METATRON’S CUBE (KUBUS METATRON)

Kubus Metatron menggambarkan lima padatan platonik yang juga berasal dari desain Flower of Life. Menurut keyakinan spiritual, kelima padatan platonik ialah bentuk-bentuk geometris yang bertindak sebagai ‘templat’ dari semua mata air kehidupan. Padatan Platonik ialah lima struktur yang sangat penting karena mereka adalah blok bangunan kehidupan organik. Kubus Metatron juga menyimbolkan ‘Merkabah’ atau ‘Merkaba’, yakni merupakan ‘kendaraan cahaya’ yang digunakan para spiritualis untuk naik dan terhubung dengan entitas yang lebih tinggi, serta dipercaya sebagai alat untuk mengusir roh jahat. 
Dimana kita bisa menemukan simbol The Flower of Life?
Karena simbol ini adalah simbol sakral dan universal, Anda dapat menemukannya di berbagai tempat suci dan bersejarah di seluruh dunia, seperti :


 Diukir pada batu di Kuil Osiris, Abydos, Mesir.● City of Ephesus, Izmir, Turki.● Masjid dan Katedral Córdoba, Spanyol.● Sinagog kuno di Galilea dan di Mesada, Israel.● Pada lantai di Kuil Emas di Amritsar, kuil Buddha, dan di Hampi di India.● di Kota Terlarang, dan kuil-kuil lainnya di Cina.● di Kuil-kuil Jepang, seni abad pertengahan Italia dan Assyria.

Sumber :

http://duniaiq.blogspot.com/2018/12/makna-simbol-bunga-kehidupan-flower-of.html?m=1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *